Museum UGM

22.32 Unknown 3 Comments

Kompleks Kampus UGM, Bulaksumur Blok D-6 dan D-7

Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu universitas nasional yang tertua dan terbesar di Indonesia. Bahkan tidak salah apabila UGM disebut sebgai salah satu Universitas perintis pendidikan modern di tanah air. Karena itu, kiprah lembaga pendidikan ini sejak awal berdirinya hingga mencapai keadaanya yang sekarang merupakan bagian yang penting dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Banyak pengalaman berharga dapat dipelajari dari proses tumbuh kembangnya UGM.
Namun, berbagai pengalaman yang dialami oleh UGM tidak banyak diketahui oleh citivas-akademika UGM sendiri apalagi oleh masyarakat pada umumnya. Karena itu, pengalaman-pengalaman tersebut seakan tidak mempunyai arti kehidupan masyarakat di masa kini. Nilai-nilai penting yang seharusnya dapat menjadi pelajaran berharga bagi kita saat ini dan generasi mendatang akan hilang begitu saja, tanpa jejak. Padahal, nilai-nilai itu sesungguhnya merupakan warisan penting yang dapat memperkaya kehidupan, baik di lingkungan akademika maupun di tengah masyarakat luas.
Menyadari akan hal itu, sudah selayaknya kini Universitas Gadjah Mada mulai menghimpun berbagai pengalaman yang berharga agar MUSEUM UGM Museum Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan 28 29 dapat dilestarikan, dipelajari dan diteladani oleh generasi penerus masa kini maupun mendatang. Upaya ini dapat diawali dengan mendirikan Museum Universitas Gadjah Mada yang bertugas menghimpun dang merawat tinggalan-tinggalan bendawi yang mempunyai nilai penting dalam sejarah UGM dan menampilkan kepada civitas akademika serta masyarakat luas sehingga dapat membawa manfaat yang lebih besar. Disadari sepenuhnya, bahwa tujuan utama dari pendirian museum ini bukanya sekedar upaya untuk melestarikan tinggalan bendawinya, tetapi terlebih dari itu adalah upaya untuk mewariskan nilai-nilai luhur UGM. Selain itu, melalui museum ini, diharapkan jati diri UGM dapat dikenal oleh civitas akademika dan masyarakat luas.

Sejarah
Sejarah berdirinya Universitas Gadjah Mada (UGM) tidak terlepas dari peran para tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia. Kiprah UGM dari berdiri hingga saat ini menjadi tongak sejarah dan dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian. UGM lahir tidak semata-mata untuk pendidikan dan pengajaran tetapi sebagai tongak kebangkitan pendidikan nasional. Lahirnya UGM pada tanggal 19 Desember 1949 sebagai salah satu bukti kebangkitan pendidikan nasional di Yogyakarta. Pasca agresi Militer Belanda ke-2, 19 Desember 1948, menyebabkan lumpuhnya Ibu kota Republik Indonesia di Yogyakarta. Dalam hal ini, gagasan lahirnya UGM sebagai universitas perjuangan, universitas nasional, universitas Pancasila, Universitas Kerakyatan dan Universitas Kebudayaan menjadi bagian yang integral dan fundamental dalam proses perjalanan bangsa. Sri Sultan HB IX berperan secara signifikan dalam pendidikan dengan membuka keraton sebagai tempat belajar dan mengajar yang selanjutnya menjadi cikal bakal lahirnya UGM. Perjalanan UGM dalam mengukir peradaban dan sumbangsihnya di bidang keilmuan, kebangsaan, pendidikan, pengabdian, dan penelitian sampai sejauh ini masih belum banyak dipahami oleh masyarakat dan kalangan civitas akademika UGM sendiri.
Realisasi berdirinya museum UGM menjadi harapan dan cita-cita bersama untuk mewujudkan semangat pengabdian dan dedikasi UGM untuk bangsa dan masyarakat. Museum UGM menjadi sarana yang efektif dan efisien untuk mentransformasikan jati diri UGM sebagai universitas perjuangan, kebangsaan, kebudayaan, dan berdasarkan Pancasila. Pidato Soekarno pada pembukaan Gedung UGM di Bulaksumur Yogyakarta 19 Desember 1959 mengatakan bahwa Pantjasila adalah isi daripada Gadjah Mada, isi daripada Universitas ini, dan saja minta kepada semua mahaguru,pada lektor-lektor supaja Pantjasila,djiwa pantjasila itu, betul-betul dikobar-kobarkan,dihidup-hidupkan di dalam kalangan mahasiswa semua. Oleh karena itu, gagasan untuk melahirkan Museum UGM sebagai wahana pembelajaran nilai-nilai karakter bangsa melalui museum sangat penting dilakukan. Mengingat keinginan masyarakat untuk melihat dan memahami lebih dekat tentang UGM. Berdasarkan pemikiran tersebut mendorong UGM untuk dapat menjawab mengapa UGM perlu mewujudkan Museum UGM sebagai jendela jati diri UGM yang berkelanjutan.

 Tempat Tidur Barrack Obama

Meja Kerja Prof. Imam Soetiknjo
Akses
 Untuk dapat sampai di Museum UGM sangatlah mudah. Anda dapat menggungakan transportasi umum seperti Bus Trans Jogja dan turun di Selter Kopma UGM dan berjalan menuju Museum UGM. Agar lebih mudah lagi Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi Anda dan langsung saja menuju Museum UGM di Bulaksumur Blok D-6 dan D-7.

Jam Buka
Museum UGM dibuka untuk para pengunjung setiap hari senin sampai jumat dari pukul 08.00 pagi sampai pukul 16.00 sore.

Biaya
Untuk wisatawan yang berkunjung tidak dipungut biaya atau gratis..

Opini
Menurut saya Museum UGM ini sangat cocok bagi anda yang sangat menyukai hal-hal yang berhubungan dengan sejarah. Hal ini dikarenakan museum ini juga merupakan tonggak sejarah bagi pendidikan atau perguruan tinggi di Indonesia. Pada Museum UGM Anda akan mendapatkan banyak ilmu yang belum anda miliki sebelumnya. Selain kelebihan tersebut museum ini memiliki beberapa kekurangan seperti beberapa space kosong yang menimbulkan kesan hampa.

Sumber
http://ugm.ac.id/id/fasilitas/3639-museum.ugm
http://museumjogja.org/id/content/29-museum-ugm

3 komentar:

  1. Bolavita Merupakan Agen Bola Terbesar Di indonesia !! - Ayo Daftar Akun Bola Anda Dan Pasang Taruhan mu Serta Menang Bersama BOLAVITA

    Dapatkan Promo Bonus 10% NEW MEMBER / Cashback Hingga 10%

    Bolavita Menyediakan Promo Bonus New Member & Bonus Setiap Minggu'a.. Bahkan Bolavita Membuat Event Lucky Draw Setiap Bulan'a Teman-teman.. Info

    Hubungi Kontak CS BOLAVITA Di Sini (24 jam Online):

    • BBM: BOLAVITA
    • WeChat: BOLAVITA
    • WA: +6281377055002
    • Line : cs_bolavita

    BalasHapus